miel miel miel miel miel miel miel miel miel miel miel miel miel

Minggu, 14 Desember 2008

TOBAT

السّلام عليكم ورحمة الله وبركاته

الحمدُ لله الّذى يحكُمُ بالعَدْلِ وهو أحكمُ الحاكمين أحمدُه سبحانه وتعالى وهو الغفور الرّحيم وأشهد أن لاإله إلاّ الله وحده الّذى أنعم علينا بِإِرسال حبيبه وأشهد أنّ محمّدا عبدُه ورسولُه المصطفى والمنتقى اللّهم فصلّ وسلّم على هذاالنّبىِّ الكريمِ والرّسولِ العظيمِ المبعوث لإتمام مكارم الأخلاق والسّعادةِ القُصْوى. وعلى اله وأصحابه الّذين اتّبعوا طريقَ الهُدَى [ أمّا بعد ] فيا أيّهاالنّاس أوصيكم وإيّاى بتقوى الله فقد فاز المتّقون.قال الله تعالى فى كتابه العزيز فهو أصدق القائلين {والّذين فعلوا فاحشة أو ظلموا أنفسهم ذكروا الله فاستغفروا لذنوبهم ومن يغفرالذّنوب إلاّ الله ولم يصرّوا على مافعلوا وهم يعلمون }

Hadirin Sidang Jum’at rahimakumullah

Mengawali khutbah kita melalui mimbar kali ini, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT. Tuhan semesta alam. Shalawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW. Sebab beliau, kita dapat mengetahui yang haq dan yang bathil, yang halal dan yang haram, antara jalan menuju syurga dan jalan menuju neraka.

Sebagai manusia, tidak mungkin kita sunyi dari kesalahan dan kekhilafan. Ketika kita terlanjur dan terpeleset melakukan kesalahan dan dosa baik dosa kecil, utamanya dosa besar, maka bersegeralah bertobat memohon ampun kepada Allah SWT. Karena Allah sangat menyukai hamba-Nya yang segera bertobat memohon ampun kepada-Nya dan Dia adalah Tuhan Yang Maha Pengampun.

Penyesalan yang timbul dalam diri seseorang , setelah melakukan kesalahan merupakan sikap jiwa yang baik. Penyesalan yang timbul dengan penuh kesadaran disertai dengan kebulatan tekad untuk tidak mengulangi kesalahan dan dosa itu lagi, merupakan sikap orang yang bertobat.

Hadirin Sidang Jum’at rahimakumullah

Bagi seorang muslim harus yakin, bahwa Allah adalah Tuhan Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Betapapun besarnya dosa yang kita perbuat, jika kita benar-benar bertobat kepada-Nya, niscaya Dia akan mengampuninya. Karena Tuhan sangat menyukai hamba-Nya yang bertobat, membersihkan diri dari kesalahan dan dosa yang pernah dilakukannya. Sebagaimana firman Allah didalam Alquran :

والّذين فَعَلُوا فاحِشةً أو ظَلَمُوا أنفُسَهُم ذَكَرُوا اللهَ فاستغفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ ومَنْ يغفِرُالذُّنُوبَ إلاّ اللهُ ولم يُصِرُّوا على مافعلوا وَهُمْ يعلمُون { ال عمران : 135 }

Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri[229], mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka Mengetahui.

Banyak ayat-ayat AlQuran dan Hadits-hadits Nabi yang menyerukan agar segera bertobat, dan keutamaan orang-orang yang bersungguh-sungguh dalam bertobat. Diantaranya firman Allah :

وتوبوا إلى الله جميعا أيّها المؤمنونَ لعلّكم تفلحون { النّور :31 }

Dan bertobatlah kamu sekalian kepada Allah, Hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.

Sedangkan hadits Nabi yang menjelaskan tentang keutamaan bertobat diantaranya, seperti riwayat Imam Tabrani bertikut :

التّائِبُ مِنَ الذَّنْبِ كَمَنْ لاَذَنْبَ لَهُ

Orang yang bertobat dari dosa seperti orang yang yang tidak memiliki dosa.

Hadirin Sidang Jum’at rahimakumullah

Ibnu Hibban meriwayatkan didalam kitabnya, demikian pula Al Hakim “penyesalan atas suatu dosa adalah berarti bertobat.”, Yakni, penyesalan itu, merupakan rukun utama tobat. Penyesalan menjadi sebuah keharusan dari suatu kemaksiatan dan kekejian serta dari ketakutanakan hukum adzabnya.

Imam Hakim meriwayatkan hadist lain yang ia nilai sebagai hadist shahih tetapi rawinya ada yang terputus

اللهُ يَعْرِفُ العَابِدَ النَّادِمَ عَنْ ذَنْبِهِ وهُوَ يَسْتَغْفِرُ قَبْلَ أَنْ يَغْفِرَهُ عَنْ ذَنْبِهِ

Allah mengetahui seorang hamba yang benar-benar menyesali atas dosanya, dan ia akan mengampuninya sebelum hamba tersebut memohon ampun kepadaNya atas kesalahan itu.

Demikian yang dapat saya sampaikan pada khutbah jum’at kali ini, semoga kita benar-benar menjadi muslim yang segera bertobat dan melakukannya dengan sungguh-sungguh, agar kita menjadi orang yang beruntung.

جَعَلَنَا اللهُ وَإِيَّاكُمْ مِنَ الْفَائِزِيْنَ الأَمِنِيْنَ وأَدْخَلَنَا وَإِيَّاكُمْ فِى عِبَادِهِ الصَّالِحِيْنَ وَقُوْلُوااسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمِ الَّذِى لاَإِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَىُّ الْقَيُّومُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ فَيَا فَوْزَ الْمُسْتَغْفِرِيْنَ وَياَنجَََاةَ التَّائِبِيْنَ

الحمد لله ربّ العالمين ولا عدوان إلاّ على الظّالمين أحمده وأشكره وأشتهديه أشهد أن لاإله إلاّ الله وحده لاشريك له وأشهد أنّ محمّدا عبده ورسوله اللّهمّ صلّ وسلّم على سيّدنا محمّد وعلى آله وصحبه والتّابعين { أمّا بعد } فيا عباد الله اتّقواالله حقّ تقوى لعلّكم تتّقون.

فقال تعالى : إنّ الله وملائكته يصلّون على النّبىّ ياأيّهاالّذين آمنوا صلّوا عليه وسلّموا تسليما. اللّهمّ صلّ وسلّم على محمّد وعلى آل محمّد كما صلّيت وسلّمت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم فى العالمين إنّك حميد مجيد. اللّهمّ وارض عن الخلفاء الرّاشدين أبى بكر وعمر وعثمان وعلىّ وعن سائر الصّحابة والتّابعين وعنّا معهم ياأرحم الرّاحمين. اللّهمّ اغفر للمؤمنين والمؤمنات والمسلمين والمسلمات الأحياء منهم والأموات إنّك سميع قريب مجيب الدّعوات ياربّ العالمين . ربّنا آتنا فى الدّنيا حسنة وفى الآخرة حسنة وقنا عذاب النّار. عباد الله إنّ الله يأمر بالعدل والإحسان وإيتاء ذى القربى وينهى عن الفخشاء والمنكر والبغى يعظكم لعلّكم تذكّرون فاذكر الله العظيم يذكركم واشكروه على نعمه يزدكم ولذكر الله أكبر . أقيمواالصّلاة !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

in uriidu illa al ishlah